Jumat, 23 Mei 2014

aplikasi penghemat batre diubuntu

Jika teman pengguna laptop, tentu anda ingin dong agar laptop teman hemat baterai sampai 3 Jam atau lebih. Jangan khawatir, dengan sedikit tweaking, Ubuntu 14.04 dapat memperpanjang umur laptop anda :)
TLP merupakan power management mutakhir untuk Linux yang pekerjaanya mengaplikasikan settingan untuk anda secara otomatis. Untuk menginstallnya ketikan perintah berikut di Terminal:

sudo add-apt-repository ppa:linrunner/tlp
sudo apt-get update
sudo apt-get install tlp tlp-rdw smartmontools ethtool

penting: pastikan laptop-mode-tools tidak terinstal (cukup dengan “sudo apt-get remove laptop-mode-tools” dan dengan begitu akan terhapus jika ada). karena software tersebut konflik dengan TLP.
TLP akan melakukan penghematan baterai secara otomatis dan akan selalu hidup setiap anda booting ubuntu, artinya adalah anda tidak perlu repot-repot memikirkan TLP
Cpufreq Indicator merupakan salah satu cara manual untuk downgrade laptop anda untuk menghemat baterai. Atau jika diperlukan, Applet ini juga dapat meningkatkan performa laptop anda sampai batas maksimal. Catatan: Cpufreq Indicator tidak bentrok dengan TLP, jadi anda bisa menginstallnya bersamaan dengan TLP.

sudo apt-get install indicator-cpufreq

Tidak ada komentar:

Posting Komentar